Survei lokasi headtank pada rencana Pusat Listrik Tenaga Minihydro

Survei lokasi rencana headtank / bak penenang untuk skema rencana Pusat Listrik Tenaga Minihidro.

Meneruskan artikel tentang survei rencana potensi PLTM, maka bab selanjutnya adalah surve lokasi headtank atau bak penenang. Fungsi headtank adalah untuk menampung aliran air dari waterway sementara dan di alirkan ke inlet penstok. Bangunan headtank ini dilengkapi dengan saluran pelimpah, pintu pembilas , trash log untuk menyaring kotoran jangan sampai masuk ke penstock. Sehingga diperlukan luas lahan yang cukup untuk dimensi headtank nantinya. Seperti apa sih yang harus diperhatikan untuk penempatan lokasi headtank. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemilihan rencana lokasi headtank/bak penenang
  • Lokasi headtank/bak penenang harus elevasi sama dengan elevasi bendung. Karena nilai head (tinggi jatuh) nantinya di hitung dari lokasi headtank ke as turbin di power house.
  • Diusahakan sedikit sedikit mungkin galian. Pengamatan dilapangan sangatlah menentukan, biasanya di area bangunan headtank juga pada saat konstruksi diperlukan untuk penempatan equipment dan material bangunan.
  • Pencapaian ke rencana lokasi headtank, dicari mudah aksesnya. Hal ini nantinya untuk transportasi equipment dan material.
  • Lokasi headtank sebaiknya berada di bagian tanah yang stabil. Pengamatan dilapangan diperlukan investigasi geologi untuk sementara. Tanah dasarnya, batuan di sekitar nya apakah terdapat banyak boulder-boulder atau jenis tanahnya lempung yang berkohesif perlu dicatat dalam laporan nantinya. Antisipasi bahaya land slide di area headtank.
  • Dokumentasi diperlukan di area sekitar lokasi headtank. Hal ini untuk mendukung proses perencaan PLTM nantinya. Dokumentasi ini sangatlah penting, untuk mengetahui tahap awal perencanaan. Baik foto-foto di sekitar lokasi rencana headtank.
  • Status lahan di area bangunan headtank. Apakah termasuk kawasan Area penggunaan lain (APL), Kawasan Hutan. Informasi seperti biasanya dapat ditanyakan masyarakat di daerah itu atau porter survei dari masyarakat sekitar area PLTM. biasanya mereka paham status lahan tersebut.
Demikian ringkasan uraian survei di lokasi headtank. Jika ada tambahan item di atas bisa ke admin blog ini. Contoh survei yang sudah kami lakukan 
Penggunaan GPS untuk mengetahui tinggi elevasi lokasi Headtank

Penandaan lokasi rencana bak penenang/headtank


 

0 komentar:

Post a Comment