Mengenal green energi PLTM Mikuasi di Kolaka Utara

PLTM Mikuasi berada di Desa kondara Kecamatan Pakue, Kolaka Utara Sulawesi Tenggara. PLTM ini dimiliki oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN), dengan kapasitas turbinnya 1 x 500 KWh. Keberadaan pembangkit ini sangat diperlukan oleh masyarakat Kolaka Utara. Dimana pada saat itu, kabupaten Kolaka Utara merupakan wilayah pemekaran dari Pemerintah Kabupaten Kolaka. Jadi keberadaan PLTM Mikuasi, sangatlah penting sebagai pembangkit listrik untuk menopang kebutuhan listrik di Kolaka Utara yang pada saat ini genjar-genjarnya membangun.

PLTM Mikuasi memanfaatkan sungai Olooloho, yang mengalir sepanjang tahun. Kalau dilihat pemanfaatan kawasan hutan, maka Daerah tangkapan sungai Olooloho termasuk dikawasan hutan lindung. Dimana, kondisi hutannya masih rimbun dengan tanaman tropis. Status hutan lindung, bisa menjadi perlindungan terhadap perubahan kawasan hulu di DAS Olooloho. Jadi, tidak mudah bila ada pihak/perusahaan melakukan kegiatan di kawasan DAS Olooloho.

Pada saat kami kesana, PLTM Mikuasi tidak beroperasi. Ada beberapa kendala yang menghambat sehingga mesin turbin tidak berputar alias mesin off. Salah satu permasalahan terjadi kelongsoran pada segmen jalur waterway yang di dekat lokasi bendung. Material longsoran, menutupi saluran sehingga air terhambat. Namun kabar terakhir yang kami terima, sudah ada perbaikan saluran sehingga PLTM Mikuasi sudah bisa beroperasi lagi.
Berikut dokumentasi yang kami ambil pada waktu berkunjung di PLTM Mikuasi

Photo. Kondisi bendung/weir yang penuh dengan sedimentasi
 
Photo. Kondisi tubuh bendung PLTM Mikuasi
 
Photo. Jalur waterway dan inlet ke headtank, kondisi pada waktu masa pemeliharaan

 


Photo. Kondisi headtank dan Side spillway dalam kondisi kosong

 

Photo. Jalur penstock ke arah bangunan Power House
 
Photo. Inilah bangunan Power House PLTM Mikuasi dengan jaringan listrik ke sistem PLN Kolaka Utara

 


​Photo. Turbin francis dan generator 1 x 500 KW di bangunan Power House
Sebenarnya potensi sungai di wilayah Kolaka Utara sangatlah bagus untuk dijadikan kawasan Renewable Energy Mikrohydro. Kondisi topografi wilayah yang berbukit-bukit dengan banyaknya sungai yang airnya mengalir sepanjang tahun, kebanyakan pola sungai dendritik sangat cocok untuk dijadikan pengembangan energi air Mikrohydro, yang murah bahan bakarnya, hampir sedikit polusi yang dihasilkan. Maka sangat sayang, pemanfaatan sungai di Kolaka Utara belum optimal untuk menunjang pembangunan di Kolaka Utara.
yuk kita bangun ketahanan energi bagi kesejahteraan rakyat

https://ssl.gstatic.com/ui/v1/icons/mail/images/cleardot.gif

 

0 komentar:

Post a Comment