Perang perebutan Air Antara Negara Malaysia VS Singapura?

http://picita.com/images/aq7g83j15b7wb9nlkoy.jpg
Mengapa Negara/kota Singapura yang dikenal dengan pertumbuhan ekonomi paling mapan, jika dibandingkan Negara negara asia tenggara, dan Singapura juga mempunyai anggaran militernya paling tinggi di asia tenggara. Namun jika terjadi konfrontasi dengan Malaysia, Singapura harus memikirkan seribu kali untuk menyerang Malaysia, Mengapa??? Ternyata pertanyaan itu terjawab sudah.
Politik air adalah yang digunakan oleh Malaysia untuk menekan Singapura. Singapura mempunyai ketergantungan supply air kepada Malaysia, hampir 50% kebutuhan air Singapura di supply dari Malaysia, padahal kebutuhan air sebagai kebutuhan vital masyarakat Singapura untuk menggerakkan roda ekonomi Singapura. Hal inilah yang menjadi senjata Malaysia untuk menekan singapura, yaitu akan memotong pasokan air ke Singapura. Sebagai perbandingan kebutuhan air singapura dengan Negara Negara asia tenggara pada table dibawah ini

Meskipun singapura mempunyai GDP yang tinggi, kenyataan ketergantungan supply air juga tinggi.Isu air juga sudah dijadikan sarana tawar menawar politik dengan ancaman militer. Hal tersebut bisa di perhatikan oleh kedua pentolan pemimpin kedua Negara tersebut.
Hal ini terlihat dari komentar yang dikeluarkan oleh para pemimpin kedua belah pihak. Yaitu perdana menteri Malaysia dan perdana menteri singapura.
“Jika kebijakan luar negeri Singapura merugikan kepentingan Malaysia, maka Malaysia akan memberikan tekanan dengan mengamcam mematikan pasokan air di johor yang berdekatan dengan negara singapura Singapura.” Ujarnya Tunku Abdul Rahman, Perdana Menteri Malaysia.
Ditambah lagi pertanyaan yang dilontarkan oleh Mahatir Muhammad tentang peningkatan kekuatan bersenjata singapura SAF (Singapore Armed Force).
Menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Mahatir Muhammad, perdana menteri Singapura Lee Kuan Yew

mengatakan kami kawatir jika nanti ada tindakan yang gila yang dilakukan oleh Malaysia dengan memotong suppli air ke sngapura sehingga public teramcan jika ada perbedaan antara Malaysia dan singapura. Padahal ada kesepakatan antara kedua belah pihak, jika hal ini di langgar oleh malaysa, maka kami akan melaporkan ke dewan PBB. Dan kami selalu menjaga kemungkinan yang terjadi.
Dari pasokan air keseluruahan dibagi sebgai berikut: sebanyak 53% digunakan untuk pemenuhan kebutuhan sektor domestik, dan 47% oleh sektor perdagangan dan industri. Kekurangan air dan kenaikan harga cenderung memiliki dampak yang lebih besar terhadap perekonomian dan kesejahteraan penduduk Singapura, sehingga berpengaruh terhadap ekonomi dan politik.
Itulah salah satu keberadaan air yang sangat vital bagi suatu Negara, mungkin prediksi nantinya. Bahwa air yang jumlahnya hanya 1% dari jumlah total air didunia akan menjadi bahan perebutan semua Negara di dunia, seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dunia yang terus meningkat. Akan perpotensi menjadi salah satu sebab perang dunia. Kalau saya boleh menyebutkan AIR SEKARANG SUDAH MENJADI BAHAN EKONOMI, BUKAN UNTUK SOSIAL LAGI.
Bagaimana dengan kondisi Indonesia, yang diberi karunia Allah berlimpah air setiap tahunnya. Hanya masyarakat Indonesia yang akan bias menjawab….
Wallahu alam bisowab

0 komentar:

Post a Comment