Green energy microhydro PLTM Merasap

 PLTM Merasap merupakan salah satu sumber energi kategori green energy yaitu baru dan terbarukan yang ada di Kalimantan Barat. PLTM merasap di bangun di sungai sangla yang berada di Kabupaten Bengkayang. Kapasitas output yang dikasilkan sebesar 2 x 750 KWh, untuk supply listrik di sekitar Bengkayang yaitu di 4 kecamatan Tujuh Belas, Sanggo Ledo, Seluas dan Jagoi Babang.Pada kesempatan ini ane akan mengutarakan secara umum PLTM Merasap.


Gambar. Bendung merasap, selain berfungsi untuk menaikkan muka air sungai, Bendung untuk mengarahkan aliran sungai ke bangunan pengambilan air. untuk diketahui bahwa tinggi bendung merasap 3 meter dari elevasi dasar sungai.

Gambar. Inilah bangunan pengambilan air, dimensi nya di sesuaikan dengan debit pengambilan. Selain itu bangunan ini dilengkapi pintu pengambilan yang bisa dioperasikan secara manual maupun otomatis yang di kendalikan di ruang kontrol. Namun untuk PLTM Merasap ini, pintu pengambilan dipasang secara manual. Seperti pada gambar diatas ada trasrak. Fungsinya untuk menyaring sampah/kotoran supaya tidak masuk ke waterway. 

Setelah masuk intake, ada bangunan air lainnya yaitu Sandtrap/Kolam pengendapan sebelum masuk ke waterway. Fungsi Sandtrap ini, untuk mengendapan pasir dengan diameter tertentu yang ikut terbawa air dari intake bendung agar supaya tidak ikut ke waterway. Karena jika ikut terbawa ke saluran waterway akan sangat membahayakan turbin. Bangunan sandtrap dilengkapi dengan pintu pembilas dan saluran pelimpah.

Gambar. Inilah pipa penstock/pipa pesat.

   Gambar pipa penstock. Setelah dari headtank, air akan disalurkan ke Powerhouse melalui pipa penstock. Tipe penstock ini ada dua yaitu pipa penstock burried/ditanam atau expose/permukaan, masing-masing tipe mempunyai kemudahan tergantung kondisi topografinya. Pada kosntruksi pipa penstock harus ada bangunan anchor blok dan yang dilengkapi dengan expansion joint (untuk mengantisipasi kembang muai pentock yang dipengaruhi oleh temperatur suhu) dan manhole (digunakan pada saat maintenance penstock).

Power house adalah bangunan yang didalamnya ditempatkan turbin dan generator. Untuk aman dari genangan banjir, elevasi Power house ini diusahakan pada elevasi di atas muka air banjir (biasanya disain banjir 100 tahunan). Untuk lebih aman, bangunan Powerhouse ini dibuat konstruksi beton terlebih jika disain penempatan turbin tenggelam seperti turbin tipe francis horisontal, dinding bangunan bagian bawah harus kedap air.
Sistem kerja PLTM yaitu dari air dari penstock diarahkan untuk menggerakkan turbin, gerakan turbin disalurkan untuk menggerakkan generator. dari putaran generator ini diubah untuk menghasilkan listrik yang disalurkan ke jaringan listrik ke rumah

Gambar. Ini saluran tailrace, Saluran tailrace, setelah dari Power house air akan disalurkan ke saluran tailrace untuk di buang ke sungai lagi. Ada beberapa yang menjadi pertimbangan dalam disain tailrace. 1. panjang tailrace harus sependek mungkin dari sungai, 2. elevasi hulu saluran tailrace didisain tidak tenggelam jika terjadi banjir. Khususnya untuk elevasi turbin tidak tergenang jika terjadi banjir (biasanya Q banjir 100 tahunan agar lebih aman).

Demikian report dari ane kang, belajar PLTM Merasap. Untuk melihat video nya dibawah ini

0 komentar:

Post a Comment