Survey potensi mikrohydro di Kuala Mao

Inilah reportase pertama saya ketika mengadakan survey lokasi PLTM. Kegitan survey lokasi ini sangatlah penting dalam mendisain PLTM. Sebagai survei pendahuluan, kolekting data seperti letak posisi bendung, headtank dan power house perlu didokumentasikan. salah satunya pada lokasi bendung, ada beberapa hal penting untuk lokasi rencana bendung antara lain ;
  1. lokasi bendung harus sesuai dengan elevasi yang kita rencanakan. perolehan tinggi head di sini yang lebih di utamakan.
  2. diperlukan bentang sungai lokasi bendung sedapat mungkin pendek, karena menyangkut dimensi bendung nantinya.
  3. dilakukan dokumentasi di sekitar bendung. diusahakan dokumentasi jaraknya 25 m ke arah hulu dan hilir, supaya kita mengetahui pola aliran sungai. Sungai yang lurus penampangnya akan lebih mudah dalam konstruksi bendung dari pada yang belok, karena jika alur sungai yang belok akan terdapat sedimentasi pada sisi kanan atau kiri bendung sehingga akan merugikan jika sudah operasional bendung.
  4. dilakukan pengukuran debit sesaat di lokasi bendung. cari yang mudah saja dalam pengukuran debit, bisa dengan cara pelampung. Sudah tahu pengukuran dengan pelampung, jika belum nanti postingan selanjutnya akan kami tampilkan.
  5. yang tidak kalah penting, sebagai seorang hidrologi kita harus bisa melihat tanda-tanda alam disekitar bendung elevasi banjir yang terjadi di lokasi sungai tersebut. tanda-tanda bisa tinggi tumbuhan lumut atau ranting-ranting yang menyangkut di akar pohon atau bekas-bekas banjir biasanya ada di permukaan batuan di sungai.
  6. diambil dokumentasi sisi kanan dan kiri bendung, tujuannya untuk mengetahui kondisi daerah bendung. terlebih untuk letak intake bendung nantinya. Saran sebanyak mungkin kita dokumentasikan lokasi bendung.
  7. dilakukan investigasi geologi, disini perlu teknik geologi. apakah lokasi benduk berada di daerah sesar gempa dan jenis batuan yang ada di sekitar bendung. Ini diperlukan untuk disain bangunan bendung nantinya.
  8. yang selanjutnya akses bendung, sedikit banyak anda klarifikasikan tentang kesulitan-kesulitannya. Biasanya akses jalan minim, bahkan kita harus membuat jalan baru syukur-syukur ada jalan existing tinggal kita dilakukan peningkatan jalan.
  9. mungkin itu saja, jika ada tambahan bisa ditambahin sendiri ya.. OK.. water for all
 Inilah salah satu reportase kami di Kuala Mao


Reported by Ryuchi and Kang Munir
Salam kang munir

0 komentar:

Post a Comment